Pengaruh Perilaku
Konsumen Mobile
Internet Terhadap Keputusan
Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta
Handy Noviyarto
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Abstrak
Teknologi GSM dan CDMA menjadi pilihan bagi pasar potensial bagi penyedia jasa operator jaringan telekomunikasi di
Indonesia. Terus tumbuhnya pasar internet
membuat
operator
telekomunikasi giat berlomba memasarkan paket-paket jasa
layanan data internet. Operator-
operator telekomunikasi GSM ataupun CDMA seperti tak
mau kalah menawarkan paket-paket internet tersebut.
Paket Mobile internet
yang lagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan dari beberapa operator
Telekomunikasi untuk menawarkan dan
mendapatkan pelanggan internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paket layanan data
“Unlimited Internet”.
Keputusan
pembelian konsumen
sangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari konsumen tersebut.
Adapun perilaku pembelian
konsumen dapat diukur dari empat faktor yaitu faktor
budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3)
dan psikologi(X4). Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisa dari keempat faktor tersebut, agar dapat
diketahui apakah semua faktor tersebut berpengaruh,
bagaimana
hubungan dan seberapa besar pengaruhnya,serta faktor apa yang
paling
berpengaruh terhadap
keputusan pembelian.
Penelitian dibatasi hanya pengguna dari operator telekomunikasi CDMA yang menyediakan jasa
layanan paket data
Unlimited Internet, dengan menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dan kuantatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner .
Teknik analisa data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi
berganda
, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahwa variabel
faktor Psikologi(X4) dengan t
hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh paling besar/dominan/signifikan
dalam keputusan pembelian paket layanan data unlimited internet CDMA di DKI Jakarta (dapat dibuktikan).
Keywords: Consumer Buying Behavior (Culture, Social, Personal,
Psychological), purchasing decision, CDMA unlimited Internet.
0 komentar:
Posting Komentar