Subscribe:

musik


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Ads 468x60px

Sample text

assalamu'alaikum Ahlan Wa Sahlan

Kamis, 10 Agustus 2017

SINOPSIS ANALISIS EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP AKSESIBILITAS KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Study pada Pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung )



SINOPSIS
ANALISIS EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP AKSESIBILITAS KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM  
 ( Study pada Pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung )

            Sebuah organisasi akan maju apabila pengelolaannya berjalan dengan baik namun sebaliknya jika pengelolaan organisasi tidak baik maka akan mengakibatkan kerugian baik dalam organisasi tersebut ataupun bagi mitra kerjanya. Pasar Swalayan Sukabumi merupakan organisasi yang cukup besar didalamnya, penelitian ini dilakukan di Pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efisiensi dan strategi pemasaran di pasar Swalayan Sukabumi, Bandar Lampung. Serta apakah efisiensi dan strategi pemasaran di pasar Swalayan Sukabumi, Bandar Lampung memiliki pengaruh terhadap aksesibilitas konsumen, serta mengemukakan pandangan Ekonomi Islam mengenai efisiensi dan strategi pemasaran di pasar Swalayan Surya Sukabumi Bandar Lampung.
Secara umum efisensi merupakan rasio antara output dan input. Artinya efisiensi pemasaran berarti maksimisasi rasio output dan input dari kegiatan pemasaran. Input pemasaran meliputi sumber daya (tenaga kerja, waktu, dan lin-lain) yang digunakan dalam fungsi pemasaran. Output pemasaran meliputi waktu, bentuk, tempat, dan  kegunaan lain yang mengarah pada kepuasan konsumen. Masalah efisiensi pemasaran berhubungan dengan masalah penyaluran barang-barang atau jasa dari produsen kepada konsumen menurut tempat, waktu, dan bentuk yang diinginkan oleh konsumen dengan biaya yang serendah-rendahnya sesuai dengan teknologi yang ada (Silitonga, 1999 dalam syamsuri, 2002:22).
Kohl dan Uhl (1990:77) membagi efisiensi pemasaran dalam dua bagian yaitu: (1) efisiensi operasional, dan (2) efisiensi harga. Efisiensi operasional adalah perubahan dalam biaya pemasaran sebagai akibat perubahan biaya penyelenggaraan fungsi-fungsi pemasaran (pembelian, penjualan, penyimpanan, pengangkutan, pengolahan, pembiayaan, standarisasi, tanggungan resiko, informasi pasar dan harga) tanpa mempengaruhi sisi output. Artinya efisiensi operasional diukur dan biaya pemasaran dari margin pemasaran.
Sedangkan efisiensi harga merupakan bentuk kedua dari efisinsi pemasaran. Bagian ini menekankan pada kemampuan dari sistem pasar dalam melakukan efisiensi alokasi sumberdaya dan memaksimumkan output. Efisiensi harga diukur melalui korelasi harga yang terjadi untuk komoditi yang sama pada berbagai tingkat pasar. Dalam hal ini korelasi harga disebut  integrasi pasar, suatu pemasaran dikatakan efisien apabila margin rendah dan koefisien korelasi harga tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam mengukur efisiensi pemasaran dilakukan melalui margin pemasaran dan korelasi harga.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Aksesibilitas merupakan derajat kemudahan dicapai oleh seseorang, terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. Kemudahan akses tersebut diimplementasikan pada bangunan gedung, lingkungan dan fasilitas umum lainnya.
Persoalan manajemen pemasaran merupakan persoalan yang sangat mendasar dalam sebuah organisasi, apabila dilihat dari maju dan mundurnya sebuah organisasi serta baik ataupun buruk manajemen yang ada didalamnya. Dalam ranah aktivitas, Islam memandang bahwa keberadaan manajemen pemasaran sebagai suatu kebutuhan yang tak terelakkan dalam memudahkan implementasi nila-nilai Islam, berwujud pada difungsikannya Islam sebagai kaidah berpikir dan kaidah amal dalam kehidupan. Sebagai kaidah berpikir, aqidah dan syariah difungsikan sebagai asas dan landasan pola pikir, sedangkan sebagai kaidah amal, syariah difungsikan sebagai tolok ukur (standar) perbuatan. Karenanya, aktivitas manajemen yang yang dilakukan haruslah selalu berada dalam kaidah syariah. Syariah harus menjadi tolok ukur aktivitas manajemen. Senafas dengan visi dan misi penciptaan dan kemusliman seorang, maka syariahlah satu-satunya yang menjadi kendali amal perbuatannya.
Tujuan dari penelitian “ Analisis Pengaruh Efisiensi dan Strategi Pemasaran Terhadap Aksesibilitas Konsumen Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Study pada pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung) “ adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh efisiensi terhadap aksesibilitas konsumen di pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pemasaran terhadap aksesibilitas konsumen di pasar Swalayan Surya Sukabumi, Bandar Lampung.
Penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Dimana dalam prosesnya bukan hanya sekedar menginterpretasikan serta membuat kesimpulan dan memberi saran yang kemudian disusun pembahasannya secara sistematis.

0 komentar:

Posting Komentar